LinksManagement.com

Saturday, December 23, 2017

CARA MENULIS IPK SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENULIS IPK SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai selesai guys supaya paham, OKE?.......

Gunakan tabel ini untuk mempermudah menentukan IPK

P
E
N
G
E
T
A
H
U
A
N
Metakognitif






Prosedural






Konseptual






Faktual







Mengingat
(C1)
Memahami
(C2)
Menerapkan
(C3)
Menganalisis
(C4)
Mengevaluasi
(C5)
Mencipta
(C6)
P  R  O  S  E  S    K  E  T  E  R  A  M  P  I  L  A  N
Contoh 1:
KD 3.3 Menganalisis  sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal  non benda dan material daerah sekitar berdasarkan  daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.

Perhatikan penjelasan berikut untuk mempermudah pemahaman.
1)        Keterampilan
ü Mengingat (C1):
kemampuan menghafal, kebenaran pengetahuan yang diingat dan digunakan ketika menjawab pertanyaan tentang fakta, konsep, prosedur, hukum, teori dari apa yang sudah dipelajari di kelas tanpa diubah/berubah: siapa, kapan, di mana?
ü Memahami (C2):
Kemampuan mengolah pengetahuan yang dipelajari menjadi sesuatu yang baru seperti menggantikan suatu kata/istilah dengan kata/istilah lain yang sama maknanya;
Menulis kembali suatu kalimat/paragraf/tulisan dengan kalimat/paragraf/tulisan sendiri dengan tanpa mengubah artinya informasi aslinya;
ü  Menerapkan (C3):
Menggunakan informasi, konsep, prosedur, prinsip, hukum, teori yang sudah dipelajari pada konsep yang baru/belum dipelajari.
ü  Menganalisis (C4):
kemampuan mengurai suatu masalah menjadi bagian-bagian yang spesifik, mengelompokkan informasi, menentukan keterhubungan antara satu kelompok/informasi dengan kelompok/informasi lainnya.
ü  Mengevaluasi (C5):
Menyimpulkan informasi berdasarkan suatu kriteria, memprediksi, hipotesa.
ü  Mencipta (C6):
Membuat sesuatu yang baru dari apa yang sudah ada sehingga hasil tersebut merupakan satu kesatuan utuh dan berbeda dari komponen yang digunakan untuk membentuknya.
2)        Pengetahuan
ü  Faktual: aspek-aspek pengetahuan istilah, peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber informasi, simbol dan sebagainya.
ü  Konseptual: mengklasifikasikan sesuatu objek itu contoh atau bukan contoh, definisi, pengertian, meliputi prinsip (kaidah), hukum, teorema, atau rumus.
ü  Prosedural: pengetahuan tentang urutan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu, algoritma, pengetahuan metode, teknik khusus dan pengetahuan kriteria untuk menentukan penggunaan prosedur yang tepat.
ü  Metakognitif: memaknai pengetahuan, menentukan pengetahuan yang penting dan tidak penting (strategic knowledge), memecahkan masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki, pengetahuan yang sesuai dengan konteks tertentu, dan pengetahuan diri (self-knowledge).

Contoh 2:
Kompetensi Dasar:
3.2 Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya.

Kemampuan
Materi Minimal
Dimensi Pengetahuan
IPK
Menganalisis
(C4)
Berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya:
§  Tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia;
§  Upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati;
§  Pelestarian keanekaragaman hayati secara in-situ dan ex-situ;
§  Hubungan keanekaragaman hayati dengan pembangunan berkelanjutan;
§  Ancaman pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia;
§  Manfaat keanekaragaman hayati.

1.     Faktual: contoh upaya pelestarian keanekaragaman hayati
2.     Konseptual:
§  Upaya pelestarian keanekaragaman hayati adalah…
3.     Prosedural:
Langkah-langkah pelestarian keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut.
1.      …………………..
2.      …………………..

1.     Mengidentifikasi upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
(C1-Faktual);
2.     Menyebutkan upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati
(C1-Konseptual);
3.     Menyebutkan langkah-langkah pelestarian keanekaragaman hayati
(C1-Prosedural);
4.     Menguraikan upaya pelestarian keanekaragaman hayati untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan
(C4-Metakognitif);
5.     Memadukan informasi dari berbagai sumber untuk membuat usulan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia (C6-Metakognitif).


Sumber: BIMTEK K13 2017

Demikian secara garis besar cara menulis IPK SOAL HOTS.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS
CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS


Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara